ILMU.NET

Kumpulan Ilmu Bermanfaat, SEMOGA BERKAH…

12 Ciri-ciri Demam Berdarah (DBD) Yang Wajib Diketahui

May
13

demam berdarahSudah masuk musim hujan kaaan? Harus banyak-banyak waspada ya sama penyakit penyakit yang banyak tersebar di daerah sekitar lingkungamu! Khususnya penyakit paling hits tapi sangat mematikan yaitu penyakit demam berdarah dengue atau biasa disebut dbd sih…..

Penyakit demam berdarah ini merupakan penyakit yang disebarkan melalui nyamuk Aedes aegypti betina yang sudah terinveksi virus dengue. Oleh karena itu kepanjangan dari kata dbd adalah demam berdarah dengue, yang merupakan nama virus yang disebarkan.

Nah, penyakit demam berdarah dengue ini sungguh sangat amat menyakitkan lho! Jadi jangan sampai kamu nggak tahu ciri-cirinya. Soalnya kalau kamu sudah tahu ciri-cirinya, kamu kan nanti juga bisa memberikan pertolongan pertama buat penderita! Sudah pada faham kan, kalau menolong orang itu pasti punya pahala yang banyaaaaaaak banget!

demam berdarahTapi, gejala ataupun ciri-ciri seseorang setelah terinveksi virus dengue ini tidak langsung terlihat nyata. Butuh waktu empat sampai sepuluh hari untuk dapat melihat gejala-gejala tervinveksi virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti betina ini. Bahkan penyebaran virus ini sudah hampir mencapai sepertiga dari seluruh belahan dunia.

Jadi, disini saya akan memberikan informasi tentang ciri terjangkitnya penyakit demam berdarah dengue atau yang biasa disebut DBD ini! And ceck it out!

12 Ciri-ciri Demam Berdarah (DBD) yang Wajib Diketahui

  1. Demam tinggi

Penderita yang sudah terinveksi virus dengue ini akan menderita demam tinggi yang datang secara tiba-tiba hingga mencapai 38 hingga 40 derajat celcius selama dua hingga tujuh hari.

  1. Sakit kepala

Penderita demam berdarah biasanya juga dapat merasakan sakit kepala yang sangat beraat sekali ketika sudah terinveksi virus dengue ini.

  1. Rasa nyeri dibagian belakang mata.

Terdapat rasa nyeri yang sangat terasa di daerah belakang mata penderita dbd.

  1. Mual dan Muntah

Penderita juga akan merasakan mual mual dan akan lebih sering muntah muntah karena mual tersebut sudah parah.

  1. Nyeri sendi dan otot

Nyeri sendi yang dirasakan oleh penderita sangat parah hingga dalam beberapa kasus, terdapat pula nyeri sendi dan otot yang menyebabkan ruam ataupun bengkak pada tubuh.

  1. Bintik Merah

demamPada kulit penderita juga terdapat bintik-bintik merah. Namun pada kasus tertentu, ada pula penderita yang bintik merah pada kulitnya tidak nampak, namun pada saat dicek di labolaturium trombositnya menurun parah.

  1. Mimisan

Terkadang penderita DBD juga mengalami mimisan. Namun hal ini banya terjadi di beberapa kasus.

  1. Muntah darah atau Berak darah

Muntah darah dan Berak darah juga terjadi di beberapa kasus pada seseorang yang terjangkit penyakit DBD.

  1. Tes Torniquet

                Tes Torniquet penderita menunjukan hasil yang positif

  1. Rasa nyeri pada elu hati

Penderita akan merasakan nyeri pada daerah elu hati karena pada lambung penderita terdapat pendarahan lambung

  1. Keringat dingin

Ketika tingkat keparahan penyakit ini meningkat atau sudah pada tingkat parah, penderita akan mengalami kegelisahan dan ujung tangan dan kaki akan berkeringat dingin.

  1. Pembesaran pada plasma

Terjadi pembesaran pada plasma penderita yang identik dengan kenaikan dinding pembuluh darah.

Nah, itu tadi adalah beberapa ciri-ciri yang dapat membantu kamu untuk lebih mengenali Demam Berdarah Dengue (DBD) ini. Dalam ciri-ciri yang sudah dijabarkan di atas, semoga kalian dapat lebih waspada yaa dengan adanya penyakit Demam Berdarah! Apalagi sekarang kan lagi musim hujan tuh!! Dan semoga dengan mengenali ciri-ciri demam berdarah di atas, kamu jadi bisa banyak membantu orang-orang disekitarmu untuk dapat memberikan pertolongan pertamanya……….

Semoga bermanfaat ya………………….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RSS
Instagram
Follow by Email