ILMU.NET

Kumpulan Ilmu Bermanfaat, SEMOGA BERKAH…

10 Cara Jitu Mencegah Demam Berdarah

May
12

demam berdarahMusim hujan telah datang dan cuaca semakin sulit untuk diprediksi. Bukan hanya air yang tumpah yang dibawa oleh musim hujan, tetabi beberap bibit penyakit juga dibawanya. Beberapa penyakit akan lebih sering dan lebih kuat saat memasuki musim penghujan. Tifus dan demam berdarah adalah beberapa penyakit yang sering kali diderita di musim penghujan ini. Terutama demam berdarah atau biasa disingkat DBD,  sering kali menimbukan kematian dan sangat mengkhawatirkan bagi yang terkena penyakit tersebut.

demam berdarahPenyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti ini sering kali seringkali anda temui menyerang anak kecil. Mungkin dikarenakan antibody anak-anak yang belum sempurna berkembang, maka mereka lebih mudah terserang penyakit ini. Perawatan penyakit DBD yang memakan waktu yang lama, dan juga biaya yang tidak bisa dibilang murah. Maka dari DBD paling aman jika dihindari, bukan diobati. Berikut 10 cara jitu mencegah demam berdarah:

  1. Bersihkan wadah-wadah yang memungkinkan untuk menjadi genangan air, seperti bak mandi, pot bunga, dan juga gelas yang akan dicuci. Genangan air adalah tempat yang paling baik untuk menjadi kembang biak nyamuk. Bibit nyamuk aedes aegypti lebih cepat berkembang di air yang bersih dari pada yang kotor. Siapkan penutup untuk mencegah nyamuk untuk bertelur di sana.
  2. Balikkan wadah yang dapat menampung air agar tidak ada air yang menggenang. Jangan mencoba untuk membalikkan bak mandi karena itu tidak mungkin. (Cuma bercanda jangan dianggap serius).
  3. Siapkan selalu obat nyamuk bakar maupun oles yang siap digunakan. Bukan hanya malam, tetapi waktu siang adalah gencar-gencarnya sang nyamuk aedes aegypti menyebarkan virusnya. Jadi anda harus siap jam kapanpun
  4. Pastikan jendela memiliki penyaring untuk mencegah masuknya nyamuk. Ventilasi juga perlu diberi kasa agar nyamuk tidak bisa masuk. Pokoknya semua yang berlubang dan mempunyai akses untuk keluar perlu diberi penutup untuk mencegah nyamuk masuk ke rumah anda.
  5. Cegah untuk terjadinya gigitan kedua jika keluarga atau teman dekat anda terkena penyakit DBD. Penyebaran penyakit DBDjuga bisa dari nyamuk yang telah mengambil darah dari orang yang terjangkit.
  6. Pasang kelambu diatas tempat tidur anda agar tidur anda dapat lebih nyaman. Bukan hanya tidur anda yang akan menjadi tidak nyaman tetapi juga, kesehatan anda juga dapat terganggu karena seringnya anda bangun tidur karena tergigit nyamuk. Naah maka dari itu mempunyai kelambu sangatlah penting, meskipun terkesan sedikit jadul tetapi kesehatan anda nomer satu.
  7. Tutup semua tempat sampah yang anda punya. Tempat sampat adalah sarang bagi setiap penyakit. Banyak penyakit yang bersumber dari tempat sampah. Nyamuk, lalat, dan kecoa juga suka tinggal di tempat sampah dan mereka adalah para pembawa penyakit yang paling ampuh.
  8. Jika anda memiliki AC (air conditioner) maka anda harus terus menjaga kebersihannya. Terutama air hasil pembuangan AC dapat juga menjadi genangan air yang berpotensi menjadi tempat untuk bibit nyamuk berkembang dengan baik. Kebersihan ac juga amat penting untuk selalu diperhatikan.
  9. Anda juga bisa menggunakan tanaman tulasi sebagai alat pengusir nyamuk. Tulasi memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangbiakan nyamuk secara cepat.
  10. Kamper juga bisa menjadi alat yang aman untuk mengusir nyamuk yang ada didalam ruangan. Mudah kok caranya, cukup dengan membakar kapur barus yang telah anda siapkan, kemudian tutup seluruh ruangan dan biarkan selama lima belas menit. Saya ingatkan untuk tidak membakar ditempat yang tidak mudah terbakar agar tidak ada hal buruk yang terjadi.

Ingat selalu bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati. Uang anda tidak akan terbuang terlalu  banyak dan  keluarga menjadi sehat dan harmonis. Terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RSS
Instagram
Follow by Email