ILMU.NET

Kumpulan Ilmu Bermanfaat, SEMOGA BERKAH…

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

May
09

hamilMasa subur merupakan masa di saat wanita dalam posisi tinggat kesuburan yang paling tinggi, sehingga siap dibuahi  dan memungkinkan resiko hamil lebih tinggi dari hari lainnya. Dengan menentukan atau menghitung masa subur sangatlah penting, terutama bagi anda yang ingin cepat memiliki seorang anak. Namun terkadang bagi wanita yang mengalami masalah sulit hamil, tentu lebih diperhatikan lagi kapan masa subur itu akan terjadi.

Saat ini telah ditemukan beberapa metode dalam mengenali masa subur anda. Kebanyakan menggunakan metode kalender dalam siklus haid wanita. Sementara ada juga tanda yang ditunjukkan oleh tubuh sendiri, seperti nyeri diperut dan suhu tubuh tinggi. Untuk anda yang masih awam, bagaimana cara menghitung masa subur wanita supaya program hamil lebih cepat, anda bisa melakukannya dengan mudah seperti berikut ini.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

1.Menghitung Siklus Menstruasi

Langkah pertama yang anda lakukan bisa menggunakan teknik dengan menghitung siklus haid atau menstruasi anda. Perlu diketahui masa subur wanita bukanlag terjadi 14 hari semenjak hari pertama anda menstruasi, akan tetapi 14 hari sebelumnya. Nah, jika siklus haid anda normal, caranya cukup mengestimasi tanggal masa subur wanita dengan mengurangi tanggal tersebut sejumlah 2 minggu dari tanggal yang seharusnya akan didapatkan menstruasi atau haid beikutnya. Sebagai contoh sebuah siklus 30 hari akan berovulasi di hari ke-16, jika memiliki 36 harian maka berevolusi di hari ke-12.

  1. Mengecek Lendir Serviks

Mengecek lendir serviks, bagaimanakah caranya? Anda hanya perlu melihat dan merasakan cairan yang keluar dari serviks. Beberapa hari setelah haid atau menstruasi cairan serviks tersebut akan terlihat kering dan berasa kental dan lengket. Lantas, beberpa hari selanjutnya berubah menjadi basah. Setelahnya akan terlihat licin serta elastis, teksturnya sama persis pada putih telur yang mentah. Pada saat itu, anda sedang bearsa pada masa subur wanita. Terkadang cairan kental tersebut menempel pada celana dalam dan bisa terlihat jelas seketika membersihkan daerah vagina.

  1. Menerapkan Temperatur Tubuh

Menerapkan  temperature tubuh di saat pagi hari sebelum beraktivitas apa pun, dengan cara mencataT Basal Body Temperature (BBT). Cara mendeteksinya yakni, ketika wanita sedang tidak berevolusi suhunya antara 35-37 derajat Celcius. Sementara di saat terjadi masa subur wanita, alat BBT-nya meningkat setengah derajat dan tetap tidak berubah hingga sesaat sebelum haid. Sebaiknya mencatat BBT selama beberapa siklus, jangan hanya sekali saja. Sehingga lebih bisa diprediksi masa subur anda. Namun, harus dalam kondisi siklus regular. Tidak beruntungnya kalau cara ini terkadang kurang baik diterapkan.

  1. Menggunakan Monitor Kesuburan

Cara menggunakan monitor kesuburan dilakukan apabila siklus haid anda tidaklah normal. Namun, anda harus mengeceknya ke dokter kandungan, karena alat semacam ini biasa disediakan di situ yang berfungsi sebagai penilai masa subur wanita. Biasanya metode ini menggunakan air urin yang dikeluarkan anda sendiri, dengan mengukur hormon lutein yang akan keluar saat sebelum masa subur pada wanita terjadi. Kemungkinan saat ini alat tersebut sudah bisa dibeli di apotek dengan nama alat uji kesuburan. Metode ini terbilang sangat tepat hampir 80-90 persen keakuratannya.

Metode atau cara tersebut bisa membantu anda dalam mendeteksi masa kesuburan seorang wanita agar cepat hamil. Namun, setidaknya berkonsultasi kepada dokter kandungan atau bidan justru lebih baik supaya ketepatan bisa dipercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RSS
Instagram
Follow by Email