ILMU.NET

Kumpulan Ilmu Bermanfaat, SEMOGA BERKAH…

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

May
03

bolehkah ibu hamil puasaMenjaga kesehatan tubuh, baik ibu hamil maupun janin yang dikandungnya merupakan hal yang wajib. Terlebih jika kandungannya baru menginjak beberapa bulan atau  terbilang masih sangat muda. Ibu hamil sendiri juga harus seantiasa mengecek kandungannya ke bidan atau dokter kandungan untuk mengetahui perkembangan janinnya. Pengecekan tersebut biasanya setiap 1 bulan sekali.

Memperhatikan kondisi kehamilan di saat awal minggu harus lebih intensif, karena sangat rawan terjadi keguguran. Merawat kehamilan muda sangat diperlukan terutama bagi setipa wanita. Lantas, apa saja tips dalam menjadi calon ibu yang baik dalam menjaga kehamilannya? Beberapa tips di bawah ini akan dirangkum khusus untuk para ibu hamil.

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

  1. Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Mengonsumsi makanan dan minuman juga harus diperhatikan, karena ada beberapa jenis tertentu yang sangat dilarang. Beberapa diantaranya seperti telur atau daging yang kurang masak atau dalam keadaan mentah. Hal tersebut akan menimbulkan diare yang para bagi ibu hamil sendiri. Sementara jenis minuman pantangan yakni, alkohol  atau minuman yang mengandung alkohol walaupun takarannya sedikit.

  1. Menjaga Asupan Nutrisi 

Tips kedua senantiasa menjaga asupan nutrisis dengan baik. Apabila asupan butrisi tersebut tidak mencukupi, kemungkinan akan memicu keguguran yang meningkat. Pada umumnya wanita saat hamil muda memang berkebiasaan mual, sehingga kebanyakan selera makan akan berkurang. Untuk itu, anda harus memaksanya untuk mengkondisikan bagaimana mestinya agar janin tidak kekurangan asupan nutrisi.

  1. Mengindari Aktifitas Berat

Kurangilah aktivitas berat, karena ibu hamil muda akan cepat lelah, apalagi yang darah rendah bisa saja  pingsan seketika. Namun, juga jangan selalu berdiam diri yang akan  lebih mudah lemas juga. Sebaiknya melakukan aktifitas yang sewajarnya tetapi harus tetap terkontrol dengan baik. Perlu diingat hindari aktivitas yang banyak dudu atau kebiasaan berdiri terlalu lama. Apabila anda wanita karir, tipsnya yakni jagalah ketat kondisi kehamilan anda saat pada trimester pertama.

  1. Menghindari Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk atau gaya hidup yang tidak baik, sebut saja merokok, mengonsumsi kafein dan alkohol secara berlebihan, serta penggunaan obat-obatan tertentu yang tidak sesuai anjuran dokter. Hal tersebut dilarang karena mampu menghambat perkembangan janin di dalam kandungan. Kafein dalam kopi perlu dihindari sebab akan berpengaruh jumlah zat besi sekaligus memperparah penyakit anemia.

  1. Menghindari Stress 

Menurut penelitian yang dilakukan seorang dokter, bahwa stres akan memicu resiko melahirkan bayi prematur dan bayi yang lebih kecil, bahkan bahayanya stres pada ibu hamil muda akan menyebabkan janin mengalami keguguran. Nah, dengan begitu anda sebagai ibu hamo; hindarilah kegiatan atau aktivitas penyebab stres. Lakukanlah setiap yang anda kerjakan itu menyenangkan.

  1. 6. Berkonsultasi dengan Bidan atau Dokter Kandungan 

Tips terakhir dalam menjaga kehamilan muda anda yakni berkonsultasilah kepada dokter kandungan atau bidan, lakukanlah secara rutin dan disiplin. Biasanya akan diberi buku yang berwarna pink  dan bawalah buku tersebut acap kali periksa untuk mencatat riwayat kehamilan anda. Apabila terjadi sesuatu, seperti pusing, mual dan muntah, lantas tubuh anda juga mengalami pendarahan di daerah vagina hingga keputihan berlebih, maka segeralah periksakan diri.  Supaya cepat ditangani dan tidak terjadi hal yang buruk.

Itulah tips yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan calon bayi anda. Mengingat masa kehamilan sangatlah berharga bagi setiap  wanita dan keluarganya. Untuk itu, jagalah kesehatan dengan menerapkan pola hidup yang baik layaknya seorang ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RSS
Instagram
Follow by Email