ILMU.NET

Kumpulan Ilmu Bermanfaat, SEMOGA BERKAH…

12 CARA AMPUH SEHAT DI USIA LANJUT

May
03

12 CARA AMPUH SEHAT DI USIA LANJUT Berbagai hal adalah takdir yang tidak dapat kita hindari, tua, mati, dan melemah adalah beberapa contohnya. Bertambahnya usia akan mengurangi kinerja seluruh organ tubuh yang kita miliki. Saat begitu memasuki usia lanjut, banyak sekali perubahan yang akan terjadi pada diri anda. Apabila di waktu muda dulu anda tidak memedulikan kesehatan dengan bergaya hidup sehat dan mengatur pola makan, di masa tua inilah  anda akan merasakan akibatnya. Di sini saya akan memberi  anda 12 cara ampuh sehat di usia lanjut, yang pastinya akan sangat membantu untuk menjalani hidup di usia senja anda. Berikut adalah beberapa tipsnya.

12 CARA AMPUH SEHAT DI USIA LANJUT

1.      Diet atau Pola Makan

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa faktor utama dari kesehatan adalah diet atau biasa disebut pola makan. Bersamaan dengan penambahan usia metabolisme suatu manusia akan ikut menurun. Maka sebagai lansia yang siaga kita perlu memnuhi gizi dengan optimal pada usia tersebut. Disarankan untuk usia lanjut mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat, zat besi, dan kalsium dalam jumlah yang cukup besar. Serta membatasi konsumsi garam dan tidak lagi mengkonsumsi alkohol.

2.      Minum Air Putih 1,5 – 2 Liter Per Hari

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan air mineral adalah hal utama dalam kehidupan. 1,5 – 2 liter per hari adalah jumlah minimal yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan keseimbangan fungsinya. Kurangnya minum air mineral dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. Kopi, the, sirup, atau minuman dengan perasa lainnya tidak bisa menandingi khasiat dari suatu air mineral.

3.      Olahraga Teratur dan Sesuai

Bertambahnya usia justru akan menurunkan tingkat kebugaran jasmani para lansia. Penurunan kemampuan tersebut berkisar 30 – 50% dari usia mudapemilihan jenis olahraga amatlah fatal dalam kasus ini. Jenis olahraga yang dapat dilakukan pun tidak boleh yang terlalu membebani tubuh, hasilnya malah akan merusak kinerja tubuh yang istilahnya sudah aus dan kinerjanya telah berkurang.

4.      Istirahat Teratur

Tidur tidak pernah boleh anda lewatkan di usia yang telah senja ini. Tidur sangat bermanfaat untuk pemeliharaan kesehatan dan mempercepat proses penyembuhan penyakit.tidur sangat bermanfaat untuk manusia. Tubuh mereparasi bagian-bagian tubuh yang sudah aus saat tidur.

5.      Menjaga Kebersihan

Yang dimaksud disini bukan hanya kebersihan tubuh saja, tetapi juga meliputi kebersihan lingkungan sekitar,dan juga pakaian. Tubuh yang kotor adalah sarang bagi virus dan kuman untuk berkembang biak. Perlu disadari kondisi fisik harus mendapat bantuan orang lain maka jangan terlalu memaksakan diri. Kegiatan yang menguras tenaga juga bisa mengganggu kesehatan anda.

6.      Minum Suplemen yang Diperlukan

Penurunan kekuatan pada usia lanjut mengalah hal yang lumrah.Penambahan suplemen dalam daftar menu makanan sehari-hari bisa menjadi pilihan untung menunjang aktivitas para lansia. Tapi perlu diingat, penggunaan suplemen tersebut harus dikonsultasikan terlebih dahulu oleh dokter yang bersangkutan.

7.      Cek Kesehatan Secara Rutin

Pemeriksaan kesehatan berkala dan konsultasi kesehatan merupakan kunci dalam keberhasilan dari upaya menjaga kesehatan lansia. Hal ini sangat berguna untuk para lansia mengetahui adanya gejala suatu penyakit dan dapat mendapatkan pencegahan yang baik. Ikuti selalu saran dokter atau petugas kesehatan agar mendapatkan kesehatan yang optimal.

8.      Mental dan Batin Yang Tenang dan Seimbang

Selalu ada faktor lain selain kesehatan fisik , yaitu kesehatan mental dan batin tidaklah kalah penting. Menghindari stress, lebih mendekatkan diri dengan Tuhan, sering tersenyum dan tertawa adalah beberapa hal yang baik untuk anda lakukan di usia senja.

9.      Rekreasi

Untuk menghilangkan kelelahan dengan segala rutinitas anda, rekreasi adalah pilihan yang tepat untuk anda. Tidak harus mahal yang terpenting hal ini dapat membuat anda lebih bahagia. Berkumpul dengan keluarga aldah pilihan rekreasi terbaik, karena dengan adanya keluraga pikiran anda dapat lebih jernih dan bahagia. Kebahagiaan adalah obat dari segala obat, karena jika pikiran bahagia maka seluruh organ tubuh akan enggan untuk sakit.

10.  Hubungan antar Sesama yang Sehat

Pertahankan hubungan yang baik dan sehat dengan keluarga maupun teman anda. Sehat sosial juga sangat penting dalam menjaga kesehatan di usia lanjut. Hubungan yang baik antar sesama akan menciptakan hidup yang lebih berarti dan dapat membuat seseorang lebih menjaga kesehatannya karena ingin berlama-lama menikmati kebersamaan dengan orang yang ia cintai.

11.  Kembali ke Alam

Di era modern ini telah mendorong seseorang untuk berperilaku tidak sehat, seperti makanan cepat saji, makanan kalengan, buah dan sayur yang diawetkan, dan berbagai hal instan lainnya. Belum lagi kemudahan teknologi yang membuat manusia jadi malas untuk bergerak yang dapat membuat tubuh menjadi rusak karena tidak pernah digunakan untuk bergerak. Kembali ke alam harus dilakukan oleh para lansia untuk menjaga kondisi tubuhnya selalu sehat.

12.  Tidak berlebihan

Berlebihan tidak lah baik untuk kesehatan terutama di usia lanjut. Segala sesuatu yang berlebihan merusak keseimbangan di dalam tubuh dan mengakibatkan berbagai penyakit muncul. Jadi lakukanlah segala hal sesuai kebutuhan yang ada agar tidak memicu gejala berbagai penyakit yang ada.

Tadi adalah 12 cara ampuh sehat di usia lanjut yang telah saya berikan. Semoga dapat menjadi pegangan hidup anda di usia yang telah lanjut. Selalu ingat bahwa hidup anda lebih berharga dari segalanya. Untuk penutup saya ucapkan terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RSS
Instagram
Follow by Email