ILMU.NET

Kumpulan Ilmu Bermanfaat, SEMOGA BERKAH…

Cara Atasi Keputihan yang Mengganggu Secara Alami

Feb
19

Atasi Keputihan yang Mengganggu Secara Alami, Bisa Banget LhoMasalah keputihan bagi kaum wanita adalah suatu hal yang sudah lumrah. Sekalipun hal tersebut bukan merupakan sejenis penyakit, akan tetapi masalah keputihan sendiri sebenarnya adalah suatu pertanda dari adanya masalah yang terjadi di dalam organ intim wanita. Keputihan atau yang juga disebut dengan flour albus ini adalah keluarnya carian yang mirip dengan lendir dari dalam organ intim wanita, yang telah disebabkan oleh terjadinya infeksi jamur, bakteri, virus, atau pun parasit. Ini bila terus dibiarkan begitu saja, akan menjadi penyebab timbulnya peradangan di saluran kencing, dengan demikian akan menimbulkan rasa perih yang akan sangat mengganggu saat Anda sedang buang air kecil.

Salah satu pertanda saat Anda sedang mengalami masalah keputihan yang memang sudah membutuhkan penangan yang cukup serius, yakni dengan munculnya cairan yang berwarna bening sedikit kehijauan yang telah dikeluarkan oleh organ intim secara berlebihan, layaknya sedang menstruasi. Cairan organ intim yang keluar inilah biasanya cukup kental dan mempunyai bau amis, daerah sekitar organ intim pun juga akan terasa cukup gatal, dengan diiringi dengan munculnya rasa panas. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi masalah keputihan tersebut? Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda contoh untuk mengatasi keputihan secara alami.

Mengobati keputihan secara alami

Daun sirih

Piper betle atau pun daun sirih ini merupakan sejenis tanaman asli dari Indonesia yang memiliki kandungan minyak atsiri, pati, diatase, seskuiterpen, zat samak, gula, dan kavikol dengan manfaat untuk membunuh kuman. Selain itu, daun sirih juga mempunyai kandungan antioksidan dan anti jamur, sehingga daun sirih ini sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah keputihan pada wanita. Caranya sangat mudah sekali, yakni dengan mengambil 10 lemar daun sirih, kemudian Anda rebus dengan menggunakan 2 liter air biasa. Anda dapat menggunakan air rebusan daun sirih ini untuk membasuh organ intim kewanitaan secara teratur 3 kali dalam 1 minggu.

Lidah buaya

Tumbuhan dengan khasiat utama yang berguna untuk menyuburkan rambut ini ternyata juga dikenal sebagai aloevera yang mempunyai kandungan vitamin C cukup tinggi dan vitamin E sebagai antioksidan alami. Lidah buaya ini juga mengandung anti bakteri, anti jamur, antiseptik, dan anti virus, sehingga tumbuhan yang satu ini bermanfaat sekali untuk atasi masalah keputihan wanita. Caranya mudah sekali, silakan Anda ambil bagian daging dari lidah buayanya, lalu potong-potong kecil, dan haluskan dengan menggunakan blender. Bila sudah selesai, bisa Anda rebus dengan 2 gelas air bersih dan menambahkan 5 lembar daun sambiloto. Tunggulah hingga air rebusan tersebut mendidih, dan gunakan untuk mencuci atau pun membasuh organ kewanitaan Anda. Cara ini baik untuk digunakan 2 kali dalam 1 hari.

Sambiloto

Tumbuhan dari Asia tropika ini ternyata memiliki kandungan laktone, homoandrografolid, alkane, keton, flavanoid, aldehid, asam kersik, damar, dan mineral. Sementara cara untuk menggunakan sambiloto untuk atasi masalah keputihan adalah dengan cara merebusnya ke dalam 4 gelas air bersih. Lalu, biarkan hingga air rebusan tersebut menyusut jadi 2 gelas saja, lalu saring dan minum 3 kali dalam 1 hari dengan takaran ¾ gelas untuk 1 kali minum.

Itulah tadi cara atasi keputihan secara alami yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya, semoga saja bisa bermanfaat, ya ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RSS
Instagram
Follow by Email