ILMU.NET

Kumpulan Ilmu Bermanfaat, SEMOGA BERKAH…

Beberapa Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil

Feb
19

Selain diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seorang ibu hamil juga harus menghindari beberapa jenis makanan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan, baik pada sang ibu maupun janin yang dikandungnya. Karenanya, pengetahuan tentang baik dan buruknya soal makanan sangatlah penting bagi ibu hamil.

Perlu dimengerti bahwa, banyak kasus di luar sana akibat salah mengonsumsi makanan yang akan memicu resiko keguguran lebih tinggi. Dengan demikian, ibu hamil harus dibekali pengetahuan mengenai proses kehamilan yang sedang dijalankan. Silahkan simak penjelasan berikut ini, untuk menambah referensi tentang sejumlah makanan yang dilarang dikonsumsi saat anda hamil.

Beberapa Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil

1.Telur Mentah

Perlu dihindari makanan yang berupa telur mentah atau telur yang dimasak setegah matang. Menurut dunia kesehatan mengonsumsi telur mentah untuk ibu hamil akan menimbulkan resiko terkena bakteri salmonela yang ditemukan di dalam telur tersebut. Pendapat ini sangat bertentangan dengan orang jama dahulu, yang menganjurkan makan telur mentah supaya di saat melahirkan normal kondisi tubuh lebih kuat dan tidak pingsan. Contoh makanan salad dressing, mayones, spageti karbonara, dan chocholate mousse sangatlah dilarang, sebab bahan dasarnya terbuat dari telur mentah.

  1. Keju Lunak

Sebaiknya ibu hamil tidak makan keju walaupun rasanya begitu enak, terutama keju yang berjenis lunak, seperti brie, stilton, dan camembert. Jika nekat untuk memakan maka akan menimbulkan keguguran bahkan janin meninggal, karena kandungan keju lunak terdapat listeria. Sementara itu, keju yang berbahan dasar dari susu kambing juga pantang bagi ibu hamil, karena dikhawatirkan mengandung toksoplasmosi seperti keju feta yang tidak dipasteurisasi.

  1. Ikan

Jenis ikan yang dilarang bagi ibu hamil adalah yang mengandung merkuri dengan kadar cukup tinggi, seperti ikan hiu, ikan marlin, dan ikan todak. Merkuri sangatlah berbahaya untuk perkembangan saraf pada janin di dalam kandungan. Bukan hanya itu, ikan tuna ataupun ikan mentah sebaiknya dibatasi maksimal satu potong saja. Sebagai pengantinya konsumsilah ikan-ikan kolam yang masih segar, lantas dimasak secara alami.

  1. Daging Mentah

Selain ikan, daging yang kurang masak dalam proses pengolahannya juga akan berdampak pada resiko toksoplasmosis, listeria dan salmonela. Di samping itu, mengonsumsi hati juga tidak baik, karena mengandung vitamin A yang tinggi dan berbahaya akan perkembangan janin. Sebaiknya cukupi vitamin A dengan menggatinya dengan sayuran yang hijau pekat. Supaya dapat memberkecil resiko daging yang buruk yang sering dijumpai di pasaran luas, maka telitilah dala membeli daging, lantas olahlah dengan baik dan benar.

  1. Es Krim

Es krim tentu saja tidak baik bagi ibu hamil, akan tetapi tidak semua es krim dilarang. Untuk menjaga kesehatan antara ibu dan janin yang dikandungnya memang disarankan tidak mengonsumsi es krim, dikarenakan proses pembuatan es krim tidak mendapati prosedur yang baik, sehingga beresiko listeria bagi ibu hamil tersebut.

  1. Kacang

Jenis atau olahan kacang seperti dicampur bumbu layaknya sate atau dikonsumsi secara langsung, setidaknya harus segera untuk menghindarinya. Terlebih bagi ibu hamil yang memiliki masalah alergi pada jenis makanan. Hal ini dilarang karena akan memunculkan terjadinya eksim atau asma.

 

Itulah sejumlah pantangan makanan bagi ibu hamil. Supaya ibu dan calon bayi sehat dan selamat hingga proses melahirkan, sebaiknya perhatikan beberapa jenis makanan yang dilarang ketika masa kehamilan sedang berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RSS
Instagram
Follow by Email