ILMU.NET

Kumpulan Ilmu Bermanfaat, SEMOGA BERKAH…

Bahan Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Feb
19

Mitos memang banyak mengundang perhatian lebih. Apa sebabnya jika para ibu hamil acap kali percaya akan mitos yang penuh simpang siur tanpa kejelasan. Contoh saja, wanita hamil perlu makan dengan menerapkan 2 kali porsi dari biasanya sebab kebutuhan janin yang banyak. Padahal semua itu hanyalah “konon katanya” atau mitos. Seharusnya wanita hamil cukup makan 2 kali yang harus bergizi bukan malah lebih banyak.

Ibu hamil perlu memahami makanan apa saja yang harus dipenuhi, serta jenis makanan apa yang menjadi pantangannya. Oleh karenanya, makanan ibu hamil harus diperhatikan secara lebih. Masalah makanan berkaitan dengan proses ngidam terutama minggu pertama kehamilan. Sebaiknya menuruti apa yang menjadi ngidamnya, jika tidak dituruti maka bayi akan ngiler, hal ini tidaklah benar dan hanyalah mitos. Setidaknya anda harus memakan makanan sehat seperti ini.

Bahan Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

1.Kacang Kedelai

Mengonsumsi aneka olahan kacang kedelai baik bagi ibu hamil. Makanan kacang kedelai memang sangat dianjurkan, karena banyak mengandung protein yang tinggi. Beberapa contoh diantaranya adalah jenis tempe sekaligus tahu. Berdasarkan penelitian bahwa kedua jenis makanan teresebut mengandung 10 gram protein di setiap cangkirnya.

  1. Minyak Zaitun

Bahan alami dari minyak zaitu memang kerap digunakan sebagai perawatan kecantikan. Namun apa boleh buat minyak zaitun sangatlah baik sebagai pengganti minyak goring pada umumnya yang diasumsikan untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh dan vitamin E yang berdampak baik bagi ibu hamil.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar yang memiliki warna orange karena di dalamnya mengandung pigmen tanaman yang menjadikannya sebagai vitamin A di dalam tubuh manusia, serta karotenoid. Akan tetapi, jika mengonsumsi vitamin A yang ditemukan dalam sumber hewani sangatlah berbahaya, seperti hati, telur, susu. Setidaknya mengonsumsi kandungan vitamin A yang terdapat pada buah dan sayuran. Ubi jalar juga kaya akan vitamin C, serat serta folat.

  1. Daging tanpa Lemak

Protein yang terkandung di dalam daging sangatlah tinggi, khususnya buat para ibu hamil. Pilihlah daging tanpa lemak atau bisa lemaknya dipisahkan. Memang terkadang sulit untuk membeli daging merah yang bebas lemak. Jangan lupa, hindari makanan hot dog karena dapat menjadi perantara bakteri atau parasiy, seperti salmonella pada bayi.

  1. Telur

Telur yang juga kaya akan protein, juga mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral. Bukan hanya itu saja, telur juga banyak terkandung kolin yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi serta kesehatan otak. Terbukti jua beberapa mengandung lemak omega-3, yang sangat penting bagi otak sekaligus perkembangan penglihatan.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmo merupakan sumber penting dalam omega-3 lemak. Begitupun kandungan akan protein yang kualitasnya sangat baik pada ikan salmon. Oleh karenanya, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi ikan yang satu ini, selain juga merkuri yang dikandungnya lebih rendah. Akan tetapi, perlu dibatasi dalam memakan ikan salmon untuk mengurangi bahaya merkuri, karena bahaya untuk sistem saraf bayi.

  1. Sayuran Hijau Pekat

Konsumsilah sayuran berdaun hijau, seperti bayam karena kandungan vitamin A, C, K, nutrisi serta folat sangat penting. Di samping itu, sayuran bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pada mata. Karena itu ibu hamil wajib memakan sayuran dalam setiap harinya.

  1. Buah-buahan

Sudah tidak diragukan lagi buah sangatlah baik untuk ibu hamil. Makanlah buah dengan berbagai warna yang berbeda, seperti warna orange, kuning, ungu, hijau bahkan putih. Karena jenis buah yang berbeda juga akan memberikan kecukupan vitamin, mineral dan antioksidan. Hal ini supaya ibu hamil dan calon bayi mendapatkan nutrisi yang tercukupi.

Nah, itulah bahan makanan yang sehat untuk ibu hamil. Jika ibunya mengonsumsi makanan sehat, tentu akan berimbas pada janin yang sehat pula. Pastikan anda selalu mengonsumsi makanan bergizi dengan kecukupun nutrisi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RSS
Instagram
Follow by Email