ILMU.NET

Kumpulan Ilmu Bermanfaat, SEMOGA BERKAH…

Pertolongan Pertama Pada Asma

May
20

asmaPERTOLONGAN PERTAMA PADA ASMA. Asma atau sesak napas adalah suatu penyakit pernapasan yang memiliki gejala awalnya berupa kesulitan untuk bernapas. Penyakit ini cukup merepotkan jika tiba-tiba kambuh. Seperti saat anda sedang pergi berlibur dengan teman-teman anda, dan tiba-tiba salah satu temen anda asmanya kambuh. Dan ternyata dia lupa untuk membawa obat-obat pribadinya, seperti inhaler, obat asma, dan lain-lain. Maka akan menjadi masalah besar untuk seluruh teman yang anda ajak. Seluruh jadwal liburan anda akan terganggu dan kebingungan pun mulai menyelimuti seluruh kelompok anda. Semua tidak akan menjadi masalah besar, cukup dengan membaca pos ini dan anda akan tenang. Oke, langsung saja kita mulai membahas pertolongan pertama pada asma, check it out :

PERTOLONGAN PERTAMA PADA ASMA

1.      CARI TEMPAT

Tempat yang nyaman akan memudahkan seluruh kelompok anda untuk memberi pertolongan pertama pada asma. Bukan hanya nyaman tetapi juga sejuk agar memberi kenyamanan yang lebih baik.

2.      POSISI PERAWATAN

Dengan perlahan-lahan posisikan sang penderita asma untuk duduk sambil bersandar. Pada bagian leher, berikan bantal agar terasa lebih nyaman dalam memberikan pertolongan pertama pada asma. Jangan sekali-sekali memposisikan penderita dalam keadaan berbaring/tidur karena akan membuat paru-paru pasien tertekan.

  1. JANGAN PANIK

Pantai Perasaan panik akan membuat segala hal semakin tak terkendali dan memperburuk keadaan. Rileks dan tenang adalah kunci dalam pertolongan pertama pada asma. Jika seluruh kelompok anda panik, sang penderita asma hanya akan merasa semakin terbebani dan napasnya akan semakin sulit. Maka dari itu Don’t panic.

  1. AIR HANGAT

Berilah air hangat kepada sang penderita asma sebagai tahap awal dalam pertolongan pertama dalam asma. Hal ini akan sangat membantu melancarkan pernapasan sang penderita asma. Badan akan terasa lebih hangat dan dan lebih nyaman.

5.      PIJAT

Beri sedikit pijatan secara perlahan-lahan di bagian jempol kaki secara  teratur. Tempat yang dipijat sekitar di jarak 3-5 cm di atas ruas jempol sang penderita. Tempat yang dipijat tersebut adalah tempat dimana syaraf paru-paru berada. Pijatan ini akan sangat efektif jika anda memijatnya secara benar dan teratur.

  1. JALAN TERAKHIR

Jika seluruh tahap di atas telah anda lakukan, dan sang penderita asma tidak juga kunjung sembuh dalam selang waktu lebih dari 15 menit. Maka hal yang anda harus lakukan adalah, segera bawa sang penderita menuju klinik terdekat untuk mendapatkan pengobatan dari dokter yang lebih mengerti akan perihal asma. Dalam keadaan ini sang penderita asma sudah tidak bisa ditangani dengan cara tradisional dan perlu mendapatkan pengobatan yang cocok dari sang ahli.

Nah, pembahasan di atas adalah segala hal yang perlu anda siapkan untuk melakukan pertolongan pertama pada asma. Cara di atas bisa menjadi acuan anda dalam menghadapi penderita asma, agar anda tidak merasa khawatir dan terganggu dengan sang penderita yang sering mengalami kambuhan di waktu yang tidak tepat. Maka dapat dipastikan jika anda telah menguasai seluruh hal di atas, liburan anda tidak akan terganggu dan jadwal anda tidak akan hancur berserakan dimana-mana. Liburan anda akan menjadi menyenangkan dan mungkin dapat menjadi momen yang sangat istimewa pada akhirnya. Mungkin cukup sekian hal yang dapat saya tulis dalam pembahasan kali ini. Manfaatkan segala hal yang anda pelajari dengan baik dan juga bijaksana. Akhir kata, sekian dan terimakasih J.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RSS
Instagram
Follow by Email