ILMU.NET

Kumpulan Ilmu Bermanfaat, SEMOGA BERKAH…

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Usia Kandungan 1 Bulan

May
10

hamil 1 bulanTahukah wahai para ibu hamil, bahwa saat kehamilan memasuki bulan pertama janin yang anda kandung sistem saraf dan jantungnya sudah mulai terbentuk. Menurut pendapat para ahli medis, umumnya setiap akhir bulan dimana kehamilan itu berlangsung, maka ukuran janin akan membentuk sekitar 1000 kaki lebih besar ketimbang sel telur yang sedang ovulasi.

Jika jantung janin mulai berdetak maka akan memompa darah ke seluruh bagian janin di dalam kandungan. Oleh karenanya, membutuhkan makanan yang lebih bergizi untuk membantu perkembangan janin. Memilih makanan bagi ibu hamil di trimester pertama harus diperhatikan, sebab faktor makanan sangatlah  rentan terjadi keguguran. Adapun makanan sehat untuk ibu hamil saat usia kandungan menginjak 1 bulan diantaranya.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Usia Kandungan 1 Bulan

1.Sereal

Sereal merupakan makanan pengganti dari nasi, jika anda bosan mengonsumsinya. Sereal sendiri haruslah dikonsumsi dalam setiap hari, terutama ketika kehamilan masih muda. Beberapa sereal yang baik bagi ibu hamil diantaranya yang berjenis whole grain. Selain itu, bisa diganti dengan roti gandum jika memang sulit untuk mencarinya, karena masih termasuk dalam jenis whole grain.

  1. Buah-buahan dan Sayuran

Kita semua tentu sudah tahu, bukan? Buah dan sayuran sangatlah penting untuk dikonsumsi. Apalagi jika  usia kehamilan anda pada trimester pertama, bisa terbilang mengonsumsi kandungan yang kaya akan vitamin C sangat penting untuk dibutuhkan tubuh dalam meningkatka daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit. Vitamin C biasa ditemukan pada buah, misalnya jeruk. Sementara, aneka sayuran hijau yang mengandung  zat besi juga diperlukan dalam menurunkan resiko terjadinya anemia atau kurangnya sel darah merah.

  1. Olahan Susu

Susu sebagai pelengkap sempurna dalam sistem menu makanan, tentu saja sangat dianjurkan para ibu hamil untuk mengonsumsinya. Beberapa contohnya hanya berupa produk olahan susu yang mengandung protein. Karenanya sebuah sel sangat memerlukan protein, terutama bagi perkembangan janin yang pesat di dalam perut ibu. Sebaiknya tambah asupan protein anda demi janin agar tetap sehat.

  1. Seafood

Seafood atau aneka jenis makanan laut harus dikonsumsi oleh ibu hamil, termasuk saat trimester pertamanya. Kandungan protein di dalam seafood sangatlah tinggi. Selain itu kaya akan asam lemak omega 3. Dengan demikian, mutrisi bagi ibu hamil sangatlah bagus, terutama bagi perkembangan janin pada otaknya. Karenanya anak tentu akan lebih cerdas. Jenis makanan seafood tersebut yakni ikan ataupun udang.

  1. Kacang-Kacangan

Pada dasarnya jenis kacang-kacangan seperti kacang hijau atau kacang kedelai yang sangat disarankan untuk dikonsumsi para ibu hamil. Hal ini dikarenakan banyak mengandung protein yang dapat membantu meningkatkan energi pada tubuh bagi ibu hamil tersebut. Selain itu, jenis kacang merah juga dianjurkan untuk dimakan karena banyak asm folat dan vitamin B yang terkandung di dalamnya.

Pada prinsipnya, makanan sehat untuk ibu hamil dengan usia kandungan baru sekitar 1 bulan harus memenuhi 4 sehat 5 sempurna dalam setiap harinya, seperti asupan karbohidrat, protein, sayuran, buah-buahan serta susu sebagai pelengkapnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RSS
Instagram
Follow by Email