ILMU.NET

Kumpulan Ilmu Bermanfaat, SEMOGA BERKAH…

10 CARA AGAR ANAK SUKA SAYUR

May
09

anak suka sayurKesehatan harus dijaga sejak kecil. Anak kecil membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak dari pada orang dewasa karena perkembangan otaknya yang lebih cepat. Tetapi tidak semua gizi dapat dipenuhi, beberapa anak akan sulit jika diminta untuk memakan sayur. Padahal sejatinya makan sayur sangatlah bermanfaat untuk mereka, menu empat sehat lima sempurna tidak akan terpenuhi jika tidak ada sayuran. Dalam hal ini peran orang tua amatlah penting untuk membuat anak yang tidak suka sayuran memiliki pikiran yang berkebalikan dari sebelumnya. Kali ini saya akan mencoba berbagi dengan anda mengenai cara agar anak suka sayur. Berikut tipsnya:

10 CARA AGAR ANAK SUKA SAYUR

suka sayur1.      Makanan Favorit

Sebagai orang tua pastinya tau apa makanan favorit anak. Dengan memanfaatkan hal tersebut anda bisa menyelipkan beberapa sayuran kedalam menu favoritnya. Jangan terlalu banyak atau rasanya akan berubah, buat anak anda sadar bahwa sayuran yang ia makan tidaklah seburuk yang ia bayangkan.

2.      Sajikan Berbagai Sayuran

Pada awalnya, anak anda mungkin sedikit benci dengan sayuran yang anda hidangkan diatas meja. Tetapi bukan berarti karena anak anda benci sayur anda berhenti untuk menyajikan menu sayur setiap harinya. Sebaliknya, anda harus terus dengan telaten menyajikan sayuran kepada anak anda. Mengapa?, lambat laun anak anda akn terbiasa dengan adanya sayuran diatas meja dan mungkin akan mulai penasaran dan mulai untuk mencobanya. Dan setelah mencoba kemungkinan besar ia akan mulai menyukainya.

3.      Siapkan Makanan Bersama

Peran anak jugalah penting. Sesekali ajaklah ia ikut berbelanja dengan anda dan biarkan ia memilih sayuran yang ia sukai, atau bisa juga ia membantu anda dalam menyiapkan hidangan makan malam. Sekedarnya saja seperti mengupas bawang, atau meotong kacang panjang, dan pastikan selalu dalam pengawasan anda. Hal tersebut dapat memberikan anak perasaan dihargai dan membuatnya merasa tertarik dengan sayuran.

4.      Beri Contoh

Tunjukkan kepada anak anda kenikmatan saat memakan sayur. Jika anak anda melihat hal tersebut setiap harinya. Maka bukan hal yang mustahil jika anak anda mulai tertarik dengan sayuran.

5.      Waktu Makan Yang Menyenangkan

Kata “menyenangkan” diatas bukan berarti anda harus bermain bersama anak sambil makan. Karena sesungguhnya makan yang baik ialah sambil duduk. Tetapi jangan beri paksaan kepada anak saat makan. Beri dia mood yang baik agar ia mau makan sayur, bad mood malah akan memacu perasaan berontak yang akan mengakibatkan anak tidak mau lagi memakan sayuran.

6.      Tawarkan Sayur Saat Anak Merasa Sangat Lapar

Rasa lelah yang biasanya dialami oleh anak sehabis melakukan kegaiatan yang berat, seperti sekolah, berolahraga, atau bermain di luar, dapat anda manfaatkan sebagai cara untuk memberi anak makanan dengan bahan sayuran. Jika ia merasa lelah dan sangat lapar, apapun yng anda sajikan di meja akan ia makan dengan lahap. Maka dari itu anda harus memanfatkan momen ini dengan sebaik mungkin.

7.      Topping

Anda harus pintar dalam memberi variasi menu makanan kepada anak anda. Salah ssatunya dengan memberi topping kepada sayuran yang anda sajikan, agar berasa lebih nikmat. Jangan sekedar menaruh topping, tetapi anada juga bisa seperti menggambar topping yang anda beri dengan sesuatu yang anak anda sukai.

8.      Kreatifitas

Kreatifitas dapat memicu reaksi baik anak terhadap sayuran. Buatlah bentuk sayuran menyerupai wajah tersenyum atau sesuatu yang ia sukai agar meningkatkan nafsu makan sang anak. Pola piker anak terhadap sayur pun akan berubah.

9.      Sekali Gigit

Ini adalah trik agar anak anda setidaknya mau mencoba untuk menyantap sayuran. Berikan dia aturan sekali gigit yang berarti anak anda harus setidaknya mencoba satu gigitan pada setiap makanan yang telah anda siapkan termasuk sayur yang tidak ia sukai. Dan mungkin anak anda akan merasakan bahwa beberapa sayuran memiliki rasa yang cukup enak.

10.  Bermain dengan Sayuran

Sesuatu yana ank mainkan adalah haal yang ia sukai. Mka dari itu biarkanlah mereka untuk bermain dengan sayurannya. Itu adalah cara sang anak untuk mulai suka dengan sayuran yang anda sajikan.

Anak yang rewel untuk makan sayuran adalah hall yang banyak terjadi di beberap keluarga. Kesabaran dan juga ketelatenan ibu akan menjadi senjata paling ampuh untuk menghadapinya. Percayalah kesabaran anda akan membawa hasil. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RSS
Instagram
Follow by Email