ILMU.NET

Kumpulan Ilmu Bermanfaat, SEMOGA BERKAH…

Hal Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Bau Mulut Anda Dengan Cepat

Jan
17

bau mulutKetika anda ingin bertemu dengan seseorang atau klien, hal apa yang pertama kali Anda perhatikan? Sebagian besar orang ketika akan bertemu dengan seseorang atau klien, mereka selalu mendahulukan penampilan di atas segalanya. Ya, secara tidak langsung, banyak orang mengatakan bahwa kepribadian itu dilihat dari cara orang tersebut berpenampilan. Entah itu penampilan cara berpakaian, cara menata rambut, atau cara berdandan.

Apakah hanya itu saja yang harus diperhatikan ketika akan bertemu dengan seseorang? Hmm, bagaimana dengan penampilan berbicara?  Kebanyakan orang juga mengakui bahwa mereka sering merasa kurang percaya diri ketika berbicara entah itu di depan forum atau secara personal? Ketika ditanya apakah penyebabnya karena mereka gugup? Dengan tegas mereka menjawab TIDAK. Jawaban yang benar adalah karena faktor bau mulut.

Bau mulut adalah hal sepele, namun apabila kita tidak menanganinya akan menjadi masalah besar. Apabila bau mulut kita kurang sedap, maka lawan yang kita  ajak bicara akan merasa kurang nyaman bahkan risih sehingga menimbulkan tanggapan negatif dari orang lain kalau orang yang baunya mulut adalah orang yang jorok dan malas sehingga tidak memperhatikan kebersihan. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau mulut? Tunggu dulu. Sebelum kami memberikan tips menghilangkan bau mulut, Anda harus mengetahui dahulu apa yang menyebabkan mulut kita kurang sedap.

PENYEBAB BAU MULUT

Berikut ini faktor-faktor penyebab bau mulut :

  1. Tidak menjaga kebersihan mulut dalam artian bermalas-malasan untuk menggosok gigi. Idealnya, kita dianjurkan menggosok gigi dua kali dalam sehari yaitu saat pagi hari dan malam hari ketika akan beranjak tidur. Kebanyakan orang malas menggosok gigi saat malam hari. Bahkan sebagian dari mereka beranggapan bahwa berkumur saja sudah cukup. Justru ini yang menyebabkan kuman bau mulut merajalela.
  2. Sering bahkan hobi makan makanan yang memicu bau mulut seperti petai dan jengkol.
  3. Kebiasaan merokok seseorang juga memicu timbulnya mau mulut yang tidak sedap. Makanya tidak heran kalau orang yang merokok biasanya jarang gosok gigi.
  4. Sariawan. Ternyata sariawan juga dapat membuat bau mulut kurang sedap karena pada saat kita sariawan, kita biasanya nggak mood untuk menggosok gigi. Nah, ketika itu juga bakteri di mulut akibat sariawan akan terus berkembang biak.
  5. Gigi berlubang. Bersyukurlah apabila kalian memiliki gigi yang sehat dan tidak berlubang. Bagi Anda yang mepunyai masalah gigi berlubang, ketahuilah bahwa bakteri yang terdapat pada gigi berlubang yang memicu bau mulut tidak sedap.

CARA MENGATASI BAU MULUT

Di atas sudah dijelaskan beberapa faktor pemicu timbulnya bau mulut. Sekarang, bagaimana caranya mengatasinya? Caranya mudah kok. Anda dapat melakukan cara sederhana ini tanpa membuang–buang tenaga, waktu dan uang Anda untuk membeli penyegar dan pembersih mulut ke supermarket. Penasaran bagaimana caranya? Yuk ikuti beberapa trik ampuh membersihkan mulut di bawah ini:

  1. Mengkonsumsi permen karet

permen karetPermen karet mempunyai aneka rasa yang dapat membantu mengurangi bau mulut. Selain itu, permen karet juga dapat merangsang produksi air liur. Namun hindari permen karet yang abal-abal dalam artian pilihlah permen karet yang berkualitas dan jangan lupa hindari mengkonsumsi permen karet rasa mints karena tidak dapat mendorong produksi air liur   di dalam mulut.

  1. Sering berkumur

kumurBiasakan berkumur untuk membersihkan mulut Anda dari sisa makanan.

  1. Rajin menggosok gigi

gosok gigiMenggosok gigi dengan teratur dapat membantu membersihkan mulut. Tidak hanya itu, aroma segar yang terkandung dalam pasta gigi juga membantu mengurangi bau mulut.

  1. Stop merokok

stop rokokSelain menimbulkan banyak penyakit dan buruk bagi kesehatan , ada banyak sekali masalah mulut yang ditimbulkan akibat dari merokok termasuk bau mulut. Jadi hindari sedikit demi sedikit kebiasaan merokok.

  1. Mengkonsumsi buah-bahan yang mengandung vitamin C

vitcKandungan vitamin C dalam buah dapat membantu mengurangi bau mulut karena kandungan asamnya dapat membantu memusnahkan bakteri yang ada di dalam mulut.

  1. Mengkonsumsi jus jeruk atau jus nanas

jus nanasMinumlah segelas jus jeruk atau jus nanas hangat sebelum tidur. Tambah satu sendok madu atau sedikit kayu manis pada jus tersebut. Khasiat dari minuman ini adalah untuk membuat napas Anda segar ketika bangun pagi.

            Di atas adalah beberapa informasi tentang faktor timbulnya bau mulut dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat. Ingat, usaha tidak akan sia-sia apabila kita melakukannya dengan sungguh-sungguh. Terima kasih.

Leave a Reply

error: 082122338370
%d bloggers like this: